- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi | SMA N 1 Busungbiu |
Lingkup Pendidikan | Sekolah Menengah Atas (SMA) |
Tujuan yang ingin dicapai | Meningkatkan Minat belajar Peserta Didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) |
Penulis | Kadek Agus Sugiarto, S. Pd |
Tanggal | 18 Januari 2023 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
meningkatkan lagi minat belajar peserta didik, agar |
proses pembelajaran dapat berpusat pada peserta didik dan juga sebagai acuan saya sebagai guru untuk dapat memberikan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik, serta dapat digunakan refrensi oleh guru lain dalam proses pembelajaran.
pembelajaran tersebut. | |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, | Setelah melakukan refleksi selama proses pembelajaran yang sudah dilakukan maka:
Keterlibatan kepala sekolah dan dewan guru dalam memberikan saran ataupun motivasi kepada guru untuk dapat meningkatkan kompetensinya dalam proses pembelajaran sangat diharapkan agar dapat mendesain pembelajaran secara inovatif dan dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran diharapkan mampu dengan disiplin mengikuti proses pembelajaran dan berani tampil dalam menyampaikan pendapatnya. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
didik dapat menentukan berbagai solusi dari permasalahan |
dari materi pembelajaran dan yang terlibat yaitu guru dan peserta didik terlihatnya kolaborasi antar guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran
pembelajaran. | |||||||||||||
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Nilai kelas XI IPS 1 sebelum memakai model PBL
Nilai kelas XI IPS 1 sesudah memakai model PBL
Siswa pada kelas XI IPS 1 pada saat proses pembelajaran tanpa menggunakan model PBL rata-rata nilai kognitif 70 dan nilai psikomotor 70 sedangkan pada saat proses pembelajaran menggunakan model PBL terjadi peningkatan dari rata-rata nilai yaitu kognitif 75 dan nilai psikomotor 80 dari KKM nilai geografi di kelas XI IPS yaitu 70. Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL |
dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yang berimbas terhadap nilai ranah kognitif dan psikomotor yang mengalami peningkatan dan berada di atas KKM. Siswa dapat memahami materi yang sedang dipelajari hal tersebut terjadi karena adanya media ajar yang mudah dipahami peserta didik yang sesuai dengan karakteristik belajar peserta didik, sehingga proses pembelajaran tidak lagi menjadi hal yang membosankan bagi peserta didik maupun guru. Hasil dari proses yang sudah dilaksanakan proses pembelajaran menjadi lebih efektif hal tersebut terlihat dari adanya suasana yang menyenangkan selama proses pembelajaran yang dirasakan peserta didik maupun guru serta tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan oleh seorang guru. Respon yang diberikan peserta didik yaitu menjadi antusias dalam proses pembelajaran dan waktu selama proses pembelajaran dapat digunakan secara efesien dan peserta didik terlihat nyaman tanpa terlihat lagi beban/bosan selama proses pembelajaran. Faktor keberhasilan tersebut terjadi karena guru dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih hidup/menyenangkan hal tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran PBL yang sesuai dengan sintaknya jadi peserta didik tidak hanya menerima tetapi peserta didik juga dapat menemukan konsep/pemahaman terhadap materi pembelajaran dengan caranya sendiri hal ini akan meningkatkan pemahaman peserta didik tidak hanya pada konsep dasar saja melainkan mampu menerapkan dalam kehidupan peserta didik. Pembelajaran yang didapat dari proses tersebut yaitu pentingnya menumbuhkan minat belajar peserta didik dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan |
serta kolaborasi antar peserta didik dan guru dengan cara menerapkan model pembelajaran PBL, penggunaan media ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta refleksi proses pembelajaran. Sehingga adanya pembiasaan dalam menerapkan model pembelajaran PBL sesuai dengan sintaknya serta memahami kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran. |
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar