Tipe Iklim di desa Sudaji


Schmidt dan Ferguson menentukan tipe iklim dengan menggunakan ratio Q (Quotient), yaitu perbandingan antara rata-rata bulan kering dengan bulan basah dikalikan 100%. Berdasarkan rata-rata data curah hujan bulan kering dan bulan basah dapat ditentukan tipe iklim di desa Sudaji (Waryono, 1987:124), yang dapat  diformulasikan sebagai berikut.
Mengacu pada formula yang dikemukakan oleh Schmidt dan Ferguson, maka dapat dicari tipe curah hujan di desa Sudaji dengan menentukan besarnya nilai Q, yaitu:
                        6,1
Q =                x 100% = 120 %
                        5,1

Berdasarkan perhitungan di atas maka untuk menentukan tipe curah hujan di desa Sudaji dapat dilihat pada Tabel 4.05. Nilai Q yang sudah diperoleh sebesar 120%, akan dihubungkan dengan tipe curah hujan menurut Schmidt dan Ferguson yang dapat dilihat pada tabel 4.05 di atas. Apabila disesuaikan dengan tabel pembagian iklim menurut Schmidt dan Ferguson, maka desa Sudaji termasuk dalam tipe iklim E dengan karakteristik wilayah yang agak kering.
 
a.      Tipe Iklim Menurut W. Koppen
Disamping pembagian iklim menurut Schmidt dan Ferguson, W. Koppen membagi iklim dunia menjadi beberapa kategori berdasarkan atas curah hujan bulanan dan tahunan serta vegetasinya. Pembagian iklim menurut W. Koppen dibagi menjadi 5 kategori (dalam Waryono, 1987:111), yaitu: 
1.        Golongan iklim A, iklim hujan tropis (tropical rainy climate)
2.        Golongan iklim B, iklim kering (dry climate)
3.        Golongan iklim C, iklim hujan cukup panas (warm temperate raing climate)
4.        Golongan iklim D, iklim hutan, dingin dan bersalju (cold snoway forest climate)
5.        Golongan iklim E, iklim kutub (polar climate)
Tipe iklim A dibagi lagi menjadi 3 golongan yaitu: Af, Am, dan Aw dengan ketentuan sebagai berikut:
1)      Tipe iklim Af yaitu jika curah hujan bulan kering lebih besar dari 2,4 inci (60 mm).
2)      Tipe iklim Am yaitu jika curah hujan bulan kering lebih kecil dari 2,4 inci (60 mm) dapat diimbangi pada curah hujan bulan basah.
3)      Tipe iklim Aw yaitu jika curah hujan bulan terkering tidak dapat diimbangi oleh curah hujan pada bulan basah.

Berdasarkan data curah hujan di desa Sudaji, diketahui rata-rata curah hujan terkering pada bulan Agustus sebesar 2,6 mm dan jumlah rata-rata curah hujan tahunan adalah 1508,8 mm. Apabila dihubungkan dengan klasifikasi iklim menurut W. Koppen, maka desa Sudaji memiliki tipe iklim Aw. Untuk memperjelas tipe iklim desa Sudaji menurut W. Koppen dapat dilihat pada gambar 4.2.


Komentar