SMA / MTs : SMA
NEGERI 1 SUKASADA
Mata Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas / Semester : XI/ 1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi
Waktu : 1X45 menit
Standar kompetensi : Memahami sumber daya alam
- Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
- Indikator:
Ø
Memahami pengertian sumber daya alam
Ø
Mengklasifikasikan jenis-jenis sumber daya alam
Ø
Menjelaskan perbedaan sumber daya alam sumber daya alam menurut proses terbentuknya
dan nilai kegunaannya.
Ø
Menjelaskan manfaat sumber daya alam bagi
kehidupan manusia.
- Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,:
Ø
Siswa dapat memahami pengertian sumber daya alam
Ø
Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis
sumber daya alam
Ø
Siswa dapat menjelaskan perbedaan sumber daya
alam menurut proses terbentuknya dan nilai kegunaannya.
Ø
Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam
bagi kehidupan manusia.
- Materi Ajar
1) Pengertian
sumber daya alam
Sumber daya alam adalah potensi alam yang terkandung dalam bumi, air dan
dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan
kepentingan pertahanan negara atau sumber daya sesuatu yang dapat dimanfaatkan
untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih
sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup manusia.
2) Jenis-jenis
sumber daya alam
a.
Sumber daya alam dapat
dibagi menjadi dua berdasarkan kelestarian pemanfaatannya ada 2 yaitu:
·
sumber daya alam yang dapat diperbaharui /
renewable yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan
dapat dilestarikan. contoh: air, tumbuh-tumbuhan, hewan, hasil hutan, dan
lain-lain.
·
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui /
non renewable ialah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau
bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta
dapat punah. contoh : minyak bumi, batubara, timah, gas alam dsb.
b.
Menurut proses
terbentuknya sumber daya alam dapat digolongkan menjadi tiga, sebagai berikut:
·
Sumber Daya Biotik.
·
Sumber Daya Fisik
·
Sumber daya lingkungan
c.
Sumber daya alam
menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis dapat dibedakan menjadi
tiga, sebagai berikut:
·
Sumber daya alam
ekonomis tinggi
·
Sumber daya alam
ekonomis rendah
·
Sumber daya alam non-ekonomis
3) Pemanfaatan
Sumber Daya Alam
A. Pemanfaatan
Sumber Daya Alam Biotik ada 2 yaitu:
a. Sumber Daya Alam
Nabati, pemanfaatan sumber daya alam nabati antara lain sebagai berikut:
·
Sumber bahan pangan,
·
Sumber bahan sandang,
·
Bahan dasar obat-obatan,.
·
Keperluan industri,.
b. Sumber Daya Alam Hewani, sumber daya alam hewani
dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut:
·
Sumber bahan sandang,
·
Sumber bahan industri,
·
Sumber penelitian,.
·
Sumber lapangan pekerjaan, baik secara langsung
maupun tidak langsung,
·
Sumber gizi,.
·
Sumber tenaga,
·
Sumber pupuk.
B. Pemanfaatan
Sumber Daya Alam Abiotik
Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur
yang tidak hidup, seperti hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan
bahan-bahan tambang.
V. Model
Pembelajaran
Model pembelajaran yang
digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe PAKEM.
VI. Metode Pembejaran
Ceramah yang divariasikan
dengan diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan awal (5 menit)
Ø
Guru mengucapkan salam pembuka
Ø
Guru menanyakan keadaan siswa
Ø
Guru melaksanakan presensi
Ø
Guru mengadakan apersepsi dengan menanyakan
kepada siswa mengenai pembelajaran minggu sebelumnya, tentang Antroposfer,
serta mengajukan pertanyaan yang terkait
dengan materi yang akan diajarkan.
Ø
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu dengan melakukan pretest (sama dengan post test)
2.
Kegiatan inti (30 menit)
Dalam kegiatan
pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran PAKEM dimana penerapannya dimulai dengan ceramah materi secara umum, diskusi
kelompok, merangkum materi dan diakhiri dengan penugasan.
a.
Eksplanasi
Ø
Guru memasang caption pembelajaran.
Ø
Guru menjelaskan secara umum tentang sumber daya
alam
b.
Eksplorasi
Ø
Guru menugaskan siswa untuk membentuk 4 kelompok
setiap kelompok terdiri dari 3 orang atau lebih.
Ø
Guru memberikan soal pada masing-masing kelompok.
Yakni:
1.
Sebut dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam yang
dapat diperbaharui!
2. Jelaskan
jenis-jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui!
3. Jelaskan
manfaat sumber daya alam yang anda ketahui!
4. Jelaskan
cara melestarikan sumber daya alam!
c.
Elaborasi
Ø Setiap
kelompok mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø Guru
mendampingi siswa dalam diskusi bila diperlukan.
Ø
Guru menyuruh setiap kelompok mencatat hasil
diskusi kelompoknya dan membuat laporan
hasil diskusi.
d.
Konfirmasi
Ø
Guru meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok yang tidak presentasi
dimita untuk menangapi jawaban dari presentasi temannya.
Ø
Guru bersama siswa menyempurnakan jawaban yang
telah didiskusikan.
3.
Kegiatan akhir (10 menit)
Ø
Guru bersama siswa merangkum pembelajaran yang
telah dicapai.
Ø
Guru mengembalikan suasana kelas seperti semula dengan
cara menyuruh siswa untuk duduk di tempat duduk masing-masing.
Ø
Guru mengadakan evaluasi pembelajaran.
Ø
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari kliping mengenai cara melestarikan sumber daya
alam.
Ø
Guru meminta siswa untuk mempelajari materi yang
akan dibahas berikutnya.
Ø Guru
menutup pelajaran dengan salam penutup.
VIII. Sumber
Belajar/Alat/Media Ajar
§ Caption
§ Gambar-gambar
terkait tentang sumber daya alam
§ Buku
materi :
Endarto, dkk. 2009.
Geografi kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
IX. Penilaian Hasil
Belajar
1.
Prosedur Penilaian
Ø
Sikap dinilai dengan absen
Jenis tagihan :Individu
Bentuk tagihan: Angket
Ø Pengetahuan
dan pemahaman konsep dinilai dengan tugas
Jenis tagihan : individu
Bentuk tagihan : test
2.
Alat Penilaian
Ø
Sikap dinilai dengan
a) Absen
Format
penilaian absensi siswa
Kelas : Tanggal
:
NO
|
Nama Siswa
|
Keterangan
|
||
S
|
I
|
A
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Keterangan:
A. : Alpa
S : Sakit
I : Ijin
b)
Angket
Format
penilaian afektif
Nama: Tgl:
No
|
Kreteria Penilaian
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
Keaktifan Bertanya
|
|
|
|
|
|
|
Keaktifan Menjawab
|
|
|
|
|
|
|
Keaktifan Menanggapi
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
0 : sangat
kurang
1 : kurang
2 : cukup
3 : baik
4 : Memuaskan
Ø Pengetahuan dan pemahaman konsep dinilai
dengan :
Soal Kelompok
1.
Sebut dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam menurut proses terbentuknya!
2.
Sebut dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis!
3.
Jelaskan pemanfaatan sumber daya alam biotik !
4.
Jelaskan pemanfaatan sumber daya alam abiotik !
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
Jenis-jenis sumber daya alam menurut proses terbentuknya antara lain:
·
Sumber Daya Biotik adalah
sumber daya yang terbentuk karena adanya proses kehidupan seperti tumbuh dan
berkembang biak, misalnya tumbuh-tumbuhan dan hewan.
·
Sumber Daya Fisik adalah
sumber daya yang terbentuk karena adanya proses fisik dan kekuatan alam,
misalnya tanah, air, udara dan barang-barang tambang.
·
Sumber daya
lingkungan adalah perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik
yang dapat membentuk suatu lingkungan tertentu, misalnya lingkungan
pegunungan, lembah, pantai, gunung api, dan panorama alam yang lain.
|
25
|
2.
Jenis-jenis sumber daya alam menurut nilai
kegunaannya atau sumber daya ekonomis antara lain:
·
Sumber daya alam
ekonomis tinggi adalah sumber daya alam yang cara mendapatkannya diperlukan
biaya yang besar. Contohnya adalah mineral-mineral logam mulia seperti emas,
perak, dan intan.
·
Sumber daya alam ekonomis rendah adalah
sumber daya alam yang cara mendapatkannya dengan biaya yang cukup murah dan
tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Contohnya adalah bahan-bahan
bangunan seperti pasir, batu, dan gamping.
·
Sumber daya alam non-ekonomis
adalah sumber daya alam yang cara mendapatkannya tidak perlu mengeluarkan
biaya sama sekali atau dengan kata lain tanpa pengorbanan serta tersedia
dalam jumlah tidak terbatas. Contohnya adalah udara, suhu, sinar matahari,
dan angin.
|
25
|
3. Pemanfaatan sumber daya alam biotik
antara lain:
a. Sumber Daya Alam
Nabati, pemanfaatan sumber daya alam nabati antara lain sebagai berikut:
·
Sumber bahan pangan,
·
Sumber bahan sandang,
·
Bahan dasar obat-obatan,
·
Keperluan industri,
b. Sumber Daya Alam Hewani, sumber daya alam hewani
dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut:
·
Sumber bahan sandang,
·
Sumber bahan industri,
·
Sumber penelitian,
·
Sumber lapangan pekerjaan,
·
Sumber gizi, ditinjau dari segi kesehatan,
·
Sumber
tenaga,.
|
25
|
4. pemanfaatan sumber daya alam abiotik
antara lain:
Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur
yang tidak hidup, seperti hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan
bahan-bahan tambang.
b. Hutan
merupakan kekayaan alam yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan
manusia, antara lain:
·
sebagai cagar alam dan mempertahankan
keanekaragaman hayati (biodiversity);
·
sebagai hutan produksi;
·
sebagai hutan pelindung
·
pengatur cuaca dan iklim (fungsi meteorologis)
·
sebagai daerah tangkapan hujan.
b. Udara, dalam udara
banyak terkandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi manusia antara lain
sebagai berikut:
·
Nitrogen untuk pembuatan pupuk.
·
Oksigen sangat penting bagi kehidupan manusia
untuk proses pernapasan.
·
Argon sangat penting dalam bidang industri
khususnya pembuatan lampu (neon).
·
Karbon dioksida sangat penting untuk proses
fotosintesis tanaman.
c. Sumber
Daya Air, meliputi:
·
Sungai
·
Danau
·
Rawa
·
Laut
d. Tanah
memiliki manfaat besar bagi kehidupan, baik sebagai tempat hidup manusia,
tempat tumbuhnya tanaman, maupun sebagai tempat berdirinya suatu bangunan.
e. Sinar
matahari, berfungsi sebagai sumber tenaga dan berfungsi dalam proses fotosintesis
dari tumbuh-tumbuhan
f. Mineral
tambang
|
25
|
Jumlah
|
100
|
Soal Individu
1. Sebutkan jenis-jenis sumber daya alam!
2. Jelaskan tentang manfaatan sumber daya
alam!
Kunci jawaban
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
Jenis-jenis sumber daya alam:
Menurut kelestarian pemanfaatannya:
·
Sumber daya alam dapat diperbaharui.
·
Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui
Menurut proses terbentuknya antara lain:
·
Sumber Daya Biotik
·
Sumber Daya Fisik
·
Sumber daya
lingkungan
Menurut nilai kegunaannya atau sumber daya
ekonomis antara lain:
·
Sumber daya alam
ekonomis tinggi
·
Sumber daya alam
ekonomis
·
Sumber daya alam non-ekonomis
|
50
|
2.Pemanfaatan
sumber daya alam biotik dan abiotik antara lain:
a. secara biotik
antara lain,
·
Sumber bahan pangan,
·
Sumber bahan sandang,
·
Bahan dasar obat-obatan,
·
Keperluan industri,
·
Sumber bahan sandang,
·
Sumber bahan industri,
·
Sumber penelitian,
·
Sumber lapangan pekerjaan,
·
Sumber gizi,
·
Sumber tenaga,
b. secara abiotik
antara lain:
Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur
yang tidak hidup, seperti hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan
bahan-bahan tambang.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
|
|
Komentar
Posting Komentar