RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMA / MTs                       :     SMA NEGERI 1 SUKASADA
Mata Pelajaran                  :     GEOGRAFI
Kelas / Semester                :     XI/ 1 (satu)
Pertemuan ke-                   :    
Alokasi Waktu                  :     1X45 menit
Standar kompetensi           :     Memahami sumber daya alam

  1. Kompetensi Dasar :    
Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
  1. Indikator:
Ø  Memahami pengertian sumber daya alam
Ø  Mengklasifikasikan jenis-jenis sumber daya alam
Ø  Menjelaskan perbedaan sumber daya alam  sumber daya alam menurut proses terbentuknya dan nilai kegunaannya.
Ø  Menjelaskan manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia.
  1. Tujuan Pembelajaran :
            Setelah selesai kegiatan pembelajaran,:
Ø  Siswa dapat memahami pengertian sumber daya alam
Ø  Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis sumber daya alam
Ø  Siswa dapat menjelaskan perbedaan sumber daya alam menurut proses terbentuknya dan nilai kegunaannya.
Ø  Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia.
  1. Materi Ajar
1)   Pengertian sumber daya alam
Sumber daya alam adalah potensi alam yang terkandung dalam bumi, air dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kepentingan pertahanan negara atau sumber daya sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup manusia.
2)      Jenis-jenis sumber daya alam
a.       Sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua berdasarkan kelestarian pemanfaatannya ada 2 yaitu:
·         sumber daya alam yang dapat diperbaharui / renewable yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan. contoh: air, tumbuh-tumbuhan, hewan, hasil hutan, dan lain-lain.
·         sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui / non renewable ialah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta dapat punah. contoh : minyak bumi, batubara, timah, gas alam dsb.
b.      Menurut proses terbentuknya sumber daya alam dapat digolongkan menjadi tiga, sebagai berikut:
·         Sumber Daya Biotik.
·         Sumber Daya Fisik
·         Sumber daya lingkungan
c.       Sumber daya alam menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis dapat dibedakan menjadi tiga, sebagai berikut:
·         Sumber daya alam ekonomis tinggi
·         Sumber daya alam ekonomis rendah
·         Sumber daya alam non-ekonomis
3)      Pemanfaatan Sumber Daya Alam
A.    Pemanfaatan Sumber Daya Alam Biotik ada 2 yaitu:
a. Sumber Daya Alam Nabati, pemanfaatan sumber daya alam nabati antara lain sebagai berikut:
·         Sumber bahan pangan,
·         Sumber bahan sandang,
·         Bahan dasar obat-obatan,.
·         Keperluan industri,.
b. Sumber Daya Alam Hewani, sumber daya alam hewani dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut:
·         Sumber bahan sandang,
·         Sumber bahan industri,
·         Sumber penelitian,.
·         Sumber lapangan pekerjaan, baik secara langsung maupun tidak langsung,
·         Sumber gizi,.
·         Sumber tenaga,
·         Sumber pupuk.
 B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Abiotik
Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur yang tidak hidup, seperti hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan bahan-bahan tambang.

V.    Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe PAKEM.
VI. Metode Pembejaran
Ceramah yang divariasikan dengan diskusi
VII.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 menit)
Ø  Guru mengucapkan salam pembuka
Ø  Guru menanyakan keadaan siswa
Ø  Guru melaksanakan presensi
Ø  Guru mengadakan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa mengenai pembelajaran minggu sebelumnya, tentang Antroposfer, serta  mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang  akan diajarkan.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu dengan melakukan pretest (sama dengan post test)
2.      Kegiatan inti (30 menit)
Dalam kegiatan pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran PAKEM dimana penerapannya dimulai dengan ceramah materi secara umum, diskusi kelompok, merangkum materi dan diakhiri dengan penugasan.
a.       Eksplanasi
Ø  Guru memasang caption pembelajaran.
Ø  Guru menjelaskan secara umum tentang sumber daya alam
b.      Eksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk membentuk 4 kelompok setiap kelompok terdiri dari 3 orang atau lebih.
Ø  Guru memberikan soal pada masing-masing kelompok. Yakni:
1.      Sebut dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui!
2.      Jelaskan jenis-jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui!
3.      Jelaskan manfaat sumber daya alam yang anda ketahui!
4.      Jelaskan cara melestarikan sumber daya alam!
c.       Elaborasi
Ø  Setiap kelompok mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø  Guru mendampingi siswa dalam diskusi bila diperlukan.
Ø  Guru menyuruh setiap kelompok mencatat hasil diskusi kelompoknya dan  membuat laporan hasil diskusi.
d.      Konfirmasi
Ø  Guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok yang tidak presentasi dimita untuk menangapi jawaban dari presentasi temannya.
Ø  Guru bersama siswa menyempurnakan jawaban yang telah didiskusikan.
3.      Kegiatan akhir (10 menit)
Ø  Guru bersama siswa merangkum pembelajaran yang telah dicapai.
Ø  Guru mengembalikan suasana kelas seperti semula dengan cara menyuruh siswa untuk duduk di tempat duduk masing-masing.
Ø  Guru mengadakan evaluasi pembelajaran.
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari kliping mengenai cara melestarikan sumber daya alam.
Ø  Guru meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas berikutnya.
Ø  Guru menutup pelajaran dengan salam penutup.
VIII. Sumber Belajar/Alat/Media Ajar
§  Caption
§  Gambar-gambar terkait tentang sumber daya alam
§  Buku materi :
Endarto, dkk. 2009. Geografi kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
IX. Penilaian Hasil Belajar
1.      Prosedur Penilaian
Ø  Sikap dinilai dengan absen
Jenis tagihan :Individu
Bentuk tagihan: Angket
Ø  Pengetahuan dan pemahaman konsep dinilai dengan tugas
Jenis tagihan : individu
Bentuk tagihan : test
2.      Alat Penilaian
Ø  Sikap dinilai dengan
a)      Absen
Format penilaian absensi siswa
Kelas :                                                                                     Tanggal :
NO
Nama Siswa
Keterangan
S
I
A
1




2




3





Keterangan:
A.              :        Alpa
S                :        Sakit
I                 :        Ijin

b)      Angket
Format penilaian afektif
Nama:                                                                                            Tgl:
No
Kreteria Penilaian
Skor
0
1
2
3
4

Keaktifan Bertanya






Keaktifan Menjawab






Keaktifan Menanggapi





Keterangan:
0                         :     sangat kurang 
1                         :     kurang
2                         :     cukup
3                         :     baik
4                         :     Memuaskan

Ø  Pengetahuan dan pemahaman konsep dinilai dengan :
Soal Kelompok
1.      Sebut dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam menurut proses terbentuknya!
2.      Sebut dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis!
3.      Jelaskan pemanfaatan sumber daya alam biotik !
4.      Jelaskan pemanfaatan sumber daya alam abiotik !
Kunci Jawaban
Skor
1.      Jenis-jenis sumber daya alam menurut proses terbentuknya  antara lain:
·         Sumber Daya Biotik adalah sumber daya yang terbentuk karena adanya proses kehidupan seperti tumbuh dan berkembang biak, misalnya tumbuh-tumbuhan dan hewan.
·         Sumber Daya Fisik adalah sumber daya yang terbentuk karena adanya proses fisik dan kekuatan alam, misalnya tanah, air, udara dan barang-barang tambang.
·         Sumber daya lingkungan adalah perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik yang dapat membentuk suatu lingkungan tertentu, misalnya lingkungan pegunungan, lembah, pantai, gunung api, dan panorama alam yang lain.
25
2.      Jenis-jenis sumber daya alam  menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis antara lain:
·         Sumber daya alam ekonomis tinggi adalah sumber daya alam yang cara mendapatkannya diperlukan biaya yang besar. Contohnya adalah mineral-mineral logam mulia seperti emas, perak, dan intan.
·          Sumber daya alam ekonomis rendah adalah sumber daya alam yang cara mendapatkannya dengan biaya yang cukup murah dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Contohnya adalah bahan-bahan bangunan seperti pasir, batu, dan gamping.
·         Sumber daya alam non-ekonomis adalah sumber daya alam yang cara mendapatkannya tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali atau dengan kata lain tanpa pengorbanan serta tersedia dalam jumlah tidak terbatas. Contohnya adalah udara, suhu, sinar matahari, dan angin.
25
3.   Pemanfaatan sumber daya alam biotik antara lain:
a. Sumber Daya Alam Nabati, pemanfaatan sumber daya alam nabati antara lain sebagai berikut:
·         Sumber bahan pangan,
·         Sumber bahan sandang,
·         Bahan dasar obat-obatan,
·         Keperluan industri,
b. Sumber Daya Alam Hewani, sumber daya alam hewani dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut:
·         Sumber bahan sandang,
·         Sumber bahan industri,
·         Sumber penelitian,
·         Sumber lapangan pekerjaan,
·         Sumber gizi, ditinjau dari segi kesehatan,
·          Sumber tenaga,.
25
4.  pemanfaatan sumber daya alam abiotik antara lain:
Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur yang tidak hidup, seperti hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan bahan-bahan tambang.
b.      Hutan merupakan kekayaan alam yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain:
·         sebagai cagar alam dan mempertahankan keanekaragaman hayati (biodiversity);
·         sebagai hutan produksi;
·         sebagai hutan pelindung
·         pengatur cuaca dan iklim (fungsi meteorologis)
·         sebagai daerah tangkapan hujan.

b. Udara, dalam udara banyak terkandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi manusia antara lain sebagai berikut:
·         Nitrogen untuk pembuatan pupuk.
·         Oksigen sangat penting bagi kehidupan manusia untuk proses pernapasan.
·         Argon sangat penting dalam bidang industri khususnya pembuatan lampu (neon).
·         Karbon dioksida sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman.
c.       Sumber Daya Air, meliputi:
·         Sungai
·         Danau
·         Rawa
·         Laut
d.      Tanah memiliki manfaat besar bagi kehidupan, baik sebagai tempat hidup manusia, tempat tumbuhnya tanaman, maupun sebagai tempat berdirinya suatu bangunan.
e.       Sinar matahari, berfungsi sebagai sumber tenaga dan berfungsi dalam proses fotosintesis dari tumbuh-tumbuhan
f.       Mineral tambang
25
Jumlah
100

Soal Individu
1.      Sebutkan jenis-jenis sumber daya alam!
2.      Jelaskan tentang manfaatan sumber daya alam!
Kunci jawaban
Kunci Jawaban
Skor
1. Jenis-jenis sumber daya alam:
    Menurut kelestarian pemanfaatannya:
·         Sumber daya alam dapat diperbaharui.
·         Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui
    Menurut proses terbentuknya  antara lain:
·         Sumber Daya Biotik
·         Sumber Daya Fisik
·         Sumber daya lingkungan
   Menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis antara lain:
·         Sumber daya alam ekonomis tinggi
·         Sumber daya alam ekonomis
·         Sumber daya alam non-ekonomis
50
2.Pemanfaatan sumber daya alam biotik dan abiotik antara lain:
a. secara biotik antara lain,
·         Sumber bahan pangan,
·         Sumber bahan sandang,
·         Bahan dasar obat-obatan,
·         Keperluan industri,
·         Sumber bahan sandang,
·         Sumber bahan industri,
·         Sumber penelitian,
·         Sumber lapangan pekerjaan,
·         Sumber gizi, 
·         Sumber tenaga,
                          b. secara abiotik antara lain:
Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur yang tidak hidup, seperti hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan bahan-bahan tambang.

50
Jumlah
100









Mengetahui,
Kepala sekolah SMA N 1 Sukasada





…………………………………
NIP……………………………..
 

Singaraja,                 2011
Guru Mata Pelajaran





Kadek Agus Sugiarto, S.Pd
NIM. 0814031017
 
 

Komentar